makalah orkom 3.4.1 -3.5.1

3.4 komponen digital
Setelah membuka komputer dan melihat , satu menyadari bahwa ada banyak komponen digital yang membentuk  sistem. setiap komputer dibangun menggunakan koleksi gerbang yang semua terhubung dengan cara kabel bertindak sebagai gateway sinyal. Koleksi gerbang ini seringkali cukup standar,mengakibatkan satu set blok bangunan yang dapat digunakan untuk membangun seluruh sistem komputer. Anehnya, blok bangunan ini semua dibangun menggunakan dasar AND, OR, dan NOT operasi.

3.4.1 Sirkuit digital dan Hubungannya untuk Aljabar boolean
Apa hubungan antara fungsi Boolean dan sirkuit digital? Kita dapat melihat operasi boolean yang sederhana (seperti AND atau OR) dapat direpresentasikan dalam  gerbang logika sederhana. ekspresi Boolean yang lebih kompleks dapat direpresentasikan sebagai kombinasi AND, OR, dan gerbang NOR,menghasilkan diagram logika yang menggambarkan seluruh ekspresi. Diagram logika ini merupakan pelaksanaan fisik dari ekspresi yang diberikan, atau rangkaian digital yang sebenarnya.
F (x, y, z) = x + y? Z  Gambar 3.9 merupakan logika diagram yang mengimplementasikan fungsi ini.


 









Aljabar Boolean dan logika digital
aljabar Boolean memungkinkan kita untuk menganalisis dan merancang sirkuit digital. Karena hubungan antara aljabar Boolean dan diagram logika, kita menyederhanakan sirkuit dengan menyederhanakan ekspresi Boolean. sirkuit digital diimplementasikan dengan gerbang logika, namun gerbang dan diagram logika bukan bentuk yang paling mudah untuk mewakili sirkuit digital selama fase desain. ekspresi Boolean jauh lebihbaik digunakan selama fase ini karena mereka lebih mudah untuk memanipulasi dan menyederhanakan.
Kompleksitas ekspresi mewakili fungsi Boolean memiliki dampak langsung pada kompleksitas sirkuit digital yang dihasilkan, ekspresi yang lebih kompleks, semakin kompleks sirkuit yang dihasilkan. Kami menunjukkan bahwa kami tidak biasanya menyederhanakan sirkuit kami menggunakan identitas Boolean, Kita sering melihat bahwa ini kadang-kadang bisa sangat sulit dan memakan waktu. Sebagai gantinya, desainer menggunakan metode yang lebih otomatis untuk melakukan hal ini. Metode ini melibatkan penggunaan peta Karnaugh (atau imaps).
3.4.2  Sirkuit terintegrasi
Komputer terdiri dari berbagai komponen digital, yg terhubung dengan kabel. Sebagai program yang baik, hardware dari komputer menggunakan koleksi gerbang untuk membuat modul yang lebih besar, yang, pada gilirannya, digunakan untuk melaksanakan berbagai fungsi. Jumlah gerbang yang diperlukan untuk membuat "blok bangunan" tergantung pada teknologi yang digunakan.

Biasanya, gerbang tidak dijual secara terpisah, mereka dijual dalam satuan yang disebut Sirkuit terintegrasi (IC). Sebuah chip (silikon semikonduktor kristal kecil) adalah Perangkat elektronik kecil yang terdiri dari komponen elektronik yang diperlukan (transistor, resistor, dan kapasitor) untuk melaksanakan berbagai gerbang.
komponen yang melekat langsung pada chip, yang memungkinkan mereka untuk menjadi lebih kecil dan lebih sedikit dalam pemakaian daya untuk operasi dari  komponen diskrit mereka.
Chip ini kemudian dipasang dalam wadah keramik atau plastik dengan pin eksternal.Koneksi yang diperlukan dilas dari chip ke pin eksternal untuk membentuk IC. IC pertama berisi sangat sedikit transistor.  IC pertama disebut chip SSI dan terkandung 100 komponen elektronik per chip.Dan ULSI (ultra integrasi skala besar) dengan lebih dari 1 juta komponen elektronik per chip.
Gambar dibawah ini merupakan sirkuit Sederhana SSI

















3.5 sirkuit kombinasional
chip logika digital digabungkan untuk memberikan sirkuit yang berguna. logika sirkuit ini dapat dikategorikan sebagai logika kombinasi atau logika sekuensial.

3.5.1 Konsep dasar

logika kombinasi digunakan untuk membangun sirkuit yang mengandung operator Boolean dasar, input, dan output. Kunci dalam mengenali konsep sirkuit kombinasional adalah bahwa output selalu didasarkan sepenuhnya pada input yang diberikan. Dengan demikian, output dari rangkaian kombinasional adalah fungsi dari input, dan Output ditentukan oleh nilai-nilai Input pada saat tertentu. Sebuah rangkaian kombinasional tertentu mungkin memiliki beberapa output. Jika demikian, setiap output merupakan fungsi Boolean yang berbeda.

Share this

Related Posts